Alat Tanam Benih Cabai dan Bawang

Sumber : http://www.litbang.pertanian.go.id/berita/one/3071/

Sistem pertanaman (cropping system) adalah suatu sistem yang menyangkut segala sesuatu yang berkaitan dengan aktifitas produksi tanaman dalam suatu sistem usaha tani. Seperti halnya dengan budidaya cabai dan bawang merah. Pada kedua komoditas cabai dan bawang ada berbagai cara pertanaman untuk budidaya tanaman tersebut, ada yang langsung menggunakan umbi/ bijinya atau dengan menyemai biji dari cabai dan bawang tersebut.

Salah satu teknologi yang dikenalkan oleh Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) kali ini adalah alat untuk menanam benih cabai dan bawang dengan sistem disemai terlebih dahulu yang disebut “Alat Tanam Benih Manual”, yang ditarik dengan tangan manusia. Teknologi ini merupakan alternatif teknologi yang dapat digunakan untuk daerah-daerah yang kekurangan tenaga kerja dan dengan luasan lahan yang sempit. Diharapkan dengan diperkenalkannya alat tanam manual ini dapat memberikan opsi baru dalam pertanaman.

Fungsi dan Keunggulan dari alat tanam benih cabai dan bawang ini, adalah : Menanam bibit cabai dan bawang, Operasional mudah, serta Efisien. Alat mempunyai dimensi 199,5-206,3×87,9×105,6 cm, bobot 12 kg, jarak baris 1 pot – 13 cm, lebar alur 20 cm dan kedalaman 25 cm. (TS, Wira)

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *