Gerakan Massal Pengendalian Hama Tikus (Gropyokan Tikus) di Pringsewu

Pringsewu (01/11/2017), Inspektur II Inspektorat Jenderal Kementrian Pertanian, Widono selaku penanggung jawab Upaya Khusus (UPSUS) Kabupaten Pringsewu menghadiri gerakan massal pengendalian hama tikus (gropyokan tikus) di Kabupaten Pringsewu tepatnya di Desa Bulukarto Kecamatan Gading Rejo dengan jumlah tikus yang dibasmi sebanyak 867 ekor pada areal lahan seluas 249 Hektare (ha) dengan cara gropyokan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Pringsewu, Inspektur II selaku penanggung jawab Upsus Kabupaten Pringsewu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu, Danramil Kecamatan Gading Rejo, Kapolsek Gading Rejo, Camat Gading Rejo, Lurah Bulukarto, serta para petani dari gapoktan setempat.

Pada sambutannya Wakil Bupati Pringsewu Fauzi mengatakan dalam rangka memasuki masa tanam November 2017  kita perlu mengantisipasi serangan hama tikus agar dapat dikendalikan melalui inisiatif melakukan gerakan massal pembersihan lahan dan pengemposan lubang-lubang tikus sebelum masa tanam.

Di kesempatan yang sama, Widono juga mengatakan untuk menuju lumbung pangan dunia, permasalahan yang menjadi kendala adalah lahan pertanian dan ketersediaan air. Saat ini masih banyak sumber air yang ada tetapi belum dapat dimanfaatkan untuk kepentingan usaha tani, khususnya padi. Selain itu, hama tikus harus segera dibasmi dan dikendalilan secara rutin, supaya tidak mengganggu tingkat produktivitas tanaman.

Semangat untuk menuju Lumbung Pangan Dunia 2045  harus terus digalakkan untuk menuju Indonesia Berjaya Petani Sejahtera.

sumber : http://www.pertanian.go.id/ap_posts/detil/1284/2017/11/02/09/06/56/Gerakan%20Massal%20Pengendalian%20Hama%20Tikus%20-Gropyokan%20Tikus-%20di%20Pringsewu

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *