Momentum Tunjukkan Capaian Pembangunan Sektor Pertanian

Pontianak– Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi, menyatakan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-37 menjadi momentum untuk tunjukkan pada masyarakat dan dunia internasional atas capaian pembangunan sektor pertanian.

“Khususnya dalam tiga tahun terakhir yang menjadi cita-cita bersama, Indonesia menjadi lumbung pangan dunia,” ujarnya sela HPS ke-37 di Aula Makodam XII/Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (19/10/2017).

Melalui peringatan HPS tersebut, lanjut Agung, juga menjadi momentum untuk menguatkan peran generasi muda di sektor pertanian. “Oleh karena itu, kami hadirkan pula para pemuda,” lanjutnya. 

Alasannya, pada 2035 mendatang Indonesia bakal mengalami bonus demografi. “Ini perlu lapangan kerja yang prospektif dan modern di sektor pangan untuk wujudkan lumbung pangan dunia tahun 2045,” jelas Agung.

Pemuda menjadi fokus, lantaran sesuai tema HPS yang diangkat, “Menggerakkan Generasi Muda untuk Membangun Pertanian di Wilayah Perbatasan”. Tajuk diambil berdasarkan tema yang tetapkan Badan Pangan Dunia (FAO), “Change the Future of Migration, Invest in Food Security and Rural Development”.

Beragam kegiatan tersaji pada peringatan HPS ke-37 yang digelar sejak 19-22 Oktober. Diantaranya, pameran, seminar, diplomatic tour, lomba cipta menu, serta panen padi sekaligus ekspor beras ke negara tetangga dari Desa Tunggal Bhakti, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau.

sumber : http://www.pertanian.go.id/ap_posts/detil/1247/2017/10/20/09/38/16/Momentum%20Tunjukkan%20Capaian%20Pembangunan%20Sektor%20Pertanian

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *