PERHIPTANI Menjembatani kepentingan kepada pemerintah dan legislatif

 

  1. Menjadikan wadah PERHIPTANI sebagai Lembaga Sertifikasi Penyuluh Indonesia.
  2. Mendesak Pemerintah untuk mempercepat dan meningkatkan jumlah penyuluh yang mengikuti sertfikasi menjadi sebuah gerakan 1 juta penyuluh bersertifikat.
  3. Memberikan masukan kepada Pemerintah baik eksekutif maupun legislatif untuk meningkatkan alokasi anggaran untuk penyelenggaraan penyuluhan khususnya dalam rangka meningkatkan kompetensi penyuluh sesuai dengan Permentan 43/2011.
  4. Menjadikan jabatan penyuluh menjadi jabatan yang bergengsi bukan sebagai jabatan kelas dua, dengan memperjuangkan tunjangan jabatan penyuluh yang setara dengan jabatan fungsional peneliti atau widyaiswara.
  5. Meningkatkan komptensi dan kapasitas penyuluh melalui berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan baik teknis maupun non teknis serta kegiatan magang bagi penyuluh bekerjasama dengan lembaga pelatihan, perguruan tinggi, lembaga penelitian baik pemerintah maupun non pemerintah/dunia usaha di dalam dan di luar negeri.
  6. Bekerjasama dengan Pemerintah dan Pemeritah Daerah, dunia usaha, pelaku utama dan pelaku usaha di daerah untuk meningkatkan jumlah penyuluh swadaya dengan melakukan identifikasi calon penyuluh swadaya yang berasal dari pelaku utama dan pelaku usaha yang sukses atau pensiuan penyuluh PNS, pegawai negeri, atau masyarakat yang telah sukses di daerah dalam rangka mengembangkan konsep petani belajar dari petani.
  1. Membantu pemerintah dalam memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi petani, antara lain dalam hal:
  2. Merubah pola pikir dan perilaku petani yang masih berorientasi pada aspek produksi ke arah agribisnis.
  3. Menurunnya minat generasi muda pada bidang pertanian
  4. Lemahnya kapasitas kelembagaan petani
  5. Lemahnya akses petani terhadap sumber modal, teknologi, saprodi dan informasi pasar
  6. Rendahnya kualitas SDM yang bergerak di bidang pertanian.

 

This entry was posted in Umum. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *