Merespon Isu Pertanian Lewat Tulisan

Sekretaris Badan Litbang Pertanian, Dr. Muhammad Prama Yufdy di depan peserta Workshop Penulisan Artikel di Media Online menekankan pentingnya peran media online untuk merespon isu baik positif dan negatif. “Oleh karena itu, pengelola media online itu yang harus lah pandai menulis artikel dengan bahasa yang baik dan menarik” ujarnya dalam arahan yang disampaikan saat pembukaan pada Selasa (14/02/2017) di Belitung.

Lebih lanjut, Sekretaris Badan memberikan analogi hubungan antara sumber informasi dengan pengelola website dan humas. Disebutkan bahwa di lingkungan Balitbangtan, peneliti dan penyuluh adalah juru masak, sedangkan Tim Web dan Humas merupakan agen pemasaran dari produk juru masak tersebut. Tentu saja, produk itu harus kembali dikemas dalam bahasa yang baik dan mudah dipahami awam.

Terpisah, Kepala Biro Humas dan Informasi Publik (Karo HIP), Kementerian Pertanian, Dr. Agung Hendriadi, MEng, menghimbau agar Humas terus meningkatkan budaya membaca untuk mengikuti update yang sedang terjadi, menangkap isu yang berkembang di publik, dan memberikan respon yg tepat.

Dijelaskan bahwa Kementerian Pertanian telah menyediakan fasilitas untuk memantau berita dan informasi tentang pertanian yang ada di media massa. “Tersedia beragam info terkini di link ini; ada yang berkaitan dengan komoditas, inovasi teknologi, harga, dan lain-lain, agar seluruh insan pertanian mengetahui apa yang sedang terjadi dan apa yang sudah kita capai,” tambahnya.

Karo HIP juga menekankan bahwa Balitbangtan harus menjadi pihak yang terdepan dalam merespon issue terkait pertanian dengan menampilkan informasi yang dibalut dengan nuansa iptek. (vwh/ybh)

sumber : http://www.litbang.pertanian.go.id/berita/one/2818/

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *