Pemupukan Modal Kelompok tani

Permasalahan pokok yang dihadapi petani/ kelompoktani dalam pengembangan usaha agribisnis adalah lemahnya permodalan. Akibatnya usaha sulit terlaksana secara optimal. Mereka terpaksa menggunakan pinjaman dari pihak rentenir yang sangat merugikan mereka sendiri dan sangat tergantung kepada bantuan pemerintah. Salah satu cara untuk mendapatkan modal petani/ kelompoktani adalah melalui pemupukan modal/ tabungan yang dikelola oleh kelompoktani. Sekarang ini dalam kelompoktani/ Gabungan kelompoktani (gapoktan) dibentuk Lembaga Keuangan Mikro (LKM) yang menangani kegiatan simpan pinjam atau tabungan dari para anggotanya. Unit usaha simpan pinjam dari organisasi petani ini memberi kesempatan bagi anggota untuk menabung dan meminjam. Jika ada anggota yang tidak menabung sebaiknya dikunjungi untuk menanyakan alasannya dan diberi motivasi pemecahannya. Sebelum meminjam terlebih dahulu anggota kelompoktani harus menabung sebagai kas kelompok, yang besarnya sesuai kesepakatan.
Tabungan adalah bagian dari pengeluaran bukan sisa dari pengeluaran. Modal (tabungan) sangat penting dalam mengembangkan usaha yang ada atau memulai usaha baru. Kelompok harus menjamin anggota tidak meminjam ke pihak lain untuk menabung. Melalui kebiasaan menabung sehingga membuat anggota menjadi rajin datang dalam pertemuan kelompok dan ada kepercayaan serta kebersamaan.
Manfaat tabungan bagi kelompoktani Meningkatkan permodalan/keperluan kelompok , memenuhi kebutuhan pinjaman anggota, dapat digunakan sebagai jaminan dan meningkatkan sisa hasil usaha kelompok.. Manfaat tabungan bagi anggota Membentuk sikap hemat dan menghilangkan sikap boros, menyimpan dan mengembangkan modal, menyiapkan hari depan yang lebih baik, memperoleh jasa atau bunga dan pengaturan ekonomi rumah tangga. Ymu
Dari berbagai sumber.

This entry was posted in Umum, Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *