Perencanaan Kegiatan Usaha Tani Melalui Penyusunan RDK dan RDKK

GE DIGITAL CAMERA

Dalam rangka mensukseskan program pembangunan pertanian untuk meningkatkan ketersediaan pangan menuju ketahanan pangan nasional  maupun daerah, maka perlu disusun rencana/sasaran setiap tahun. Petani sebagai pelaku utama pembangunan pertanian melalui musyawarah hendaknya menyusun Rencana Definitif Kelompok (RDK) yang selanjutnya dijabarkan lebih lanjut oleh kelompok tani dalam suatu Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK).

Rencana Definitif Kelompok (RDK) merupakan rencana kerja usaha tani dari kelompok tani untuk satu periode dalam 1 (satu) tahun yang berisi rincian kegiatan dan kesepakatan bersama dalam pengelolaan usaha tani yang dilaksanakan melalui musyawarah.

Rencana Definitif Kebutuhan Kebutuhan Kelompok (RDKK) merupakan alat perumusan untuk memenuhi kebutuhan sarana produksi dan alat mesin pertanian, baik yang berdasarkan kredit/permodalan usaha tani bagi anggota kelompok tani yang memerlukan maupun dari swadaya petani, RDKK merupakan penjabaran dari RDK yang dibuat oleh kelompok tani.

KEGUNAAN RDK DAN RDKK

  • RDK berguna sebagai pedoman dalam melaksanakan, mengendalikan dan mengawasi kegiatan usaha tani kelompok dalam satu tahun.
  • RDK menjamin tumbuhnya rasa memiliki dan tanggung jawab diantara sesama anggota kelompok tani dalam melaksanakan rencana usaha tersebut.
  • RDKK berguna sebagai alat pesan untuk memenuhi kebutuhan sarana produksi, dan alat mesin pertanian, maupun yang berdasarkan kredit/permodalan usaha tani bagi anggota kelompok tani dalam satu musim tanam.

Tahapan Penyusunan RDK sebagai berikut :

  • Pertemuan pengurus kelompok tani yang didampingi oleh penyuluh pertanian dalam rangka persiapan penyusunan RDK.
  • Pertemuan anggota kelompok tani dipimpin oleh ketua kelompok tani yang didampingi penyuluh pertanian untuk membahas, menyusun dan menyepakati rencana kegiatannya dalam pengelolaan usaha tani antara lain : pola tanam, sasaran areal tanam, sasaran produksi, sarana produksi dan permodalan, teknologi usaha tani, jadwal kegiatan, pembagian tugas.
  • RDK dituangkan dalam bentuk format yang ditandatangani oleh ketua kelompok dan menjadi pedoman bagi anggota kelompok tani dalam menyelenggarakan kegiatan usaha taninya. (Ymu)

Dari berbagai sumber

This entry was posted in Ilmu Pengetahuan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *