Pengendalian Hama Keong Mas Pada Tanaman Padi

Keong mas (Pomacea canaliculata L) merupakan salah satu hama yang merusak tanaman padi, hama ini berasal dari Amerika Selatan. Di Indonesia sendiri keong mas mulai berkembang pada tahun 1980-an, keong mas dijadikan bahan pangan karena banyak mengandung protein.

Penyebaran hama  keong mas saat ini sangat pesat perlu adanya kewaspadaan terhadap perkembangannya karena hama keong mas ini menyerang tanaman padi  pada awal pertumbuhan. Ada bebera metode untuk pengendalian hama keong mas ini antara lain sebagai berikut.

1.      Pengendalian secara mekanis

Pengendalian secara mekanis diawal sebelum penanaman yaitu pengolahan lahan. Pengolahan lahan dilakukan dengan cara membajak  setelah dibajak kemudian telur-telur keong mas dipecahkan didalam lumpur, selain itu juga sanitasi gulma. Yang terpenting adalah saluran air pada irigasi harus dibuat alat penyaringan. Sehingga meminimalkan keong mas masuk ke dalam sawah.

2.      Tanaman inang

Pemberian tanaman inang dapat dilakukan tanpa harus menanam di tengah sawah yaitu cukup hanya memberi daunnya saja ke dalam petakan sawah. Karena keong mas akan mudah menempel pada daun yang diberi sehingga memudahkan dalam memungut keong mas.

3.      Pengendalian dengan musuh alami

Hama keong mas memiliki musuh alami seperti penyu dan kepiting. Pemberian musuh alami dilakukan agar populasi hama keong mas tidak terlalu banyak dan menjaga ekosistem tanpa merusak lingkungan.

4.      Beternak bebek disawah

Beternak bebek disawah merupakan alternative selain untuk mengelolah hama keong juga untuk penyedian bahan pakan pada ternak bebek.

5.      Pengendalian dengan pestisida nabati

Ada beberapa jenis tumbuhan yang dapat digunakan sebagai pestisida nabati antara lain tanaman widru, tanaman tuba, tanaman tembakau, dan masih banyak tanaman yang lain yang dapat digunakan sebagai pestisida nabati.

This entry was posted in Ilmu Pengetahuan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *