Khasiat air rebusan bawang kucai


Satu lagi jenis bahan alami yang lebih dikenal sebagai sayuran, yakni kucai, juga diyakini menyimpan khasiat antihipertensi. Kucai adalah sayuran anggota famili Alliaceae.

Widyanto, yang sehari-hari bekerja sebagai tenaga pengawas jasa properti, mengaku pernah merasakan manfaat langsung kucai. Ketika tensi darahnya naik hingga 140 mmHg (normal di bawah 120 mmHg), ia tidak merasa khawatir.

Dengan tenang ia pergi ke dapur, mengambil kucai yang disimpan dalam lembari es. Ia lalu merebus 200 gram kucai dalam 3 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa segelas. Ramuan itu ia minum 3 kali sehari usai makan. Ia merasa tensinya stabil setelah 2,5 bulan.

Cerita kesembuhan bapak dua anak ini tak mau ia simpan sendiri. Fakta ini ia sampaikan kepada orang terdekat dan rekan-rekan kerjanya. Pengalaman Widyanto itu mungkin satu dari sekian banyak orang yang secara empiris sudah merasakan khasiat kucai.

Dosis tinggi pun aman

Lia Amalia, periset di Sekolah Tinggi Farmasi Institut Teknologi Bandung, tertarik meneliti efektivitas kucai sebagai antihipertensi. Lia mengekstrak 250 mg kucai yang berumur dua bulan.

Lia menguji klinis ekstrak itu dengan melibatkan 47 pasien hipertensi. Rata-rata tekanan darah mereka di atas 140 mmHg. Selama delapan pekan, Lia memberikan 250 mg ekstrak kepada mereka.

Hasilnya menggembirakan. Ekstrak kucai terbukti menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Yang disebut pertama adalah angka saat fase darah sedang dipompa jantung atau berkontraksi. Sementara diastolik adalah angka saat fase darah kembali ke jantung alias berileksasi.

Kucai menurunkan hingga 28,67 mmHg tekanan darah sistolik, dan 4,64 mmHg tekanan darah diastolik. Jika dosis diperbesar menjadi 500 mg, kucai menurunkan tekanan sistolik 13,31 mmHg dan diastolik 4,64 mmHg.

Khasiat antihipertensi itu dikarenakan kucai mengandung senyawa tetrametiloksamida dan ester 17-etadekadesenil. Efek antihipertensi ekstrak kucai sebanding dengan atenolol dosis 25 mg. Atenolol adalah zat penurun hipertensi yang kerap diresepkan dokter. Soal toksisitas, dari uji klinis tersebut terungkap, mengonsumsi kucai dalam dosis tinggi sekalipun tetaplah aman.

Selama ini orang mengenal kucai atau Allium schoenoprasum sebagai penyedap masakan. Ahli kuliner mencacah sayuran itu sebagai campuran telur dadar, tahu, bakwan udang, atau martabak. Aromanya sedap, membuat kucai jadi salah satu bumbu masakan favorit. Sayuran itu digunakan untuk menambah rasa pedas dan menyeimbangkan rasa asam cuka pada asinan.

Jika Anda termasuk penggemar kucai, bersyukurlah karena dapat sekaligus memetik manfaat kucai sebagai herba antihipertensi. Selain murah, kucai mudah didapatkan kapan saja dan di mana saja, termasuk di tukang sayur langganan Anda.

Minuman menyehatkan

Kucai diketahui mempunyai banyak sekali khasiat. Masyarakat Cina tradisional mempercayai rebusan daun kucai merupakan minuman herbal yang sangat menyehatkan.

Penelitian Dr. Irda Fidrianny, MSi, dari Departemen Farmasi Institut Teknologi Bandung menyebutkan ekstrak daun kucai memiliki efek antihipertensi yang cukup nyata. Kucai juga dipercaya mempunyai efek untuk membantu mengurangi kadar kolesterol darah. Hal tersebut disebabkan pada kucai terdapat berbagai komponen sulfur, seperti diallyl tetrasulphide, diallyl tsulphide, diallyl disulphide, diallyl monosulphide, dan dipropyl disulfide.

Komponen-komponen tersebut juga banyak terdapat pada bawang putih dan daun bawang, namun dalam jumlah yang lebih rendah. Itulah sebabnya kucai memiliki aroma seperti bawang putih dan daun bawang, hanya saja lebih terasa ringan dan lembut.

Penelitian Yeh Yu Yan dan Lijuan Liu dari Department of Nutrition The Pennsylvania State University menunjukkan bahwa komponen sulfur yang banyak terdapat pada kucai seperti diallyl sulfide, pada kosentrasi yang rendah dapat menurunkan kolesterol darah hingga 10-15 persen.

http://www.smallcrab.com/kesehatan/739-berbagai-khasiat-bawang-kucai

This entry was posted in Ilmu Pengetahuan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *