REFUGIA, SANG BUNGA SAHABAT PETANI

Tanaman refugia disekitar lahan padi BPTPH Sungai Tabuk Kalsel (Kasidal, SP)

Pengendalian hama serangga pada tanaman tak selamanya harus melakukan penyemprotan pestisida, pengendalian secara alami dengan memanfaatkan serangga musuh alami terkadang lebih efektif, effisien dan ekonomis serta berdampak lingkungan yang lebih baik. Serangga musuh alami pada tanaman perkebunan secara alamiah sebetulnya sudah ada namun karena lingkungan yang tidak memadai, maka terjadi ketidakseimbangan perkembangan serangga musuh alami dan hama tanaman. Lambatnya perkembangan serangga musuh alami berdampak terjadi ledakan hama yang membutuhkan perlakukan penyemprotan menggunakan pestisida kimia, nabati maupun hayati.

Tanaman refugia ini berfungsi sebagai tempat perlindungan serangga netral maupun menguntungkan (musuh alami dan parasitoid). Menanam tanaman komoditi perkebunan diharapkan menarik lebah, tawon, dan organisme menguntungkan lainnya sehingga jika hama datang sudah tersedia musuh alami di lahan. Diharapkan dengan ini perkembangan serangga hama terkelola dan tidak meningkat di atas ambang.

Tanaman yang berfungsi sebagai microhabitat dari serangga musuh alami dan penarik hama tanaman disebut Refugia. Tanaman yang berbunga seperti kenikir, jengger ayam, tapak dara, bunga matahari, bayam dan kembang kertas masuk golongan tanaman refugia. Bunga tanaman tersebut akan mengeluarkan nectar yang baunya menarik serangga musuh alami maupun serangga hama tanaman untuk datang.

Penanaman refugia pada lahan perkebunan atau sekitarnya merupakan suatu usaha konservasi serangga musuh alami. Refugia mengurangi biaya usaha tani untuk pengendalian hama sehingga keuntungan petani dapat meningkat dan lingkungan terjaga secara berimbang. Selain menjaga keseimbangan lingkungan juga dapat menyejukkan mata manakala lahan pertanian yang subur dengan dikelilingi tanaman bunga yang mekar. Bilamana dalam luasan yang cukup tanaman refugia ini tumbuh bersanding dengan tanaman dilahan pertanian akan membuat suasana agrowitasa dan keadaan seperti ini akan membuat petani betah di lahan hatipun senang.

 

SELAMAT MENANAM.

 

 

Referensi :

Anonim, 2016. Penggunaan Tanaman Refugia untuk Meningkatkan Kinerja Musuh Alami Hama           pada     Pertanaman       Padi. http://8villages.com/full/petani/article/id/56e11d2bb93717375178fe13

Pudjianto     T     U,     2016.       Refugia,       Tanaman         Pengendali         Hama.       http://agri-tani.blogspot.co.id/2016/05/refugia-tanaman-pengendali-hama.html Diakses tanggal 15 Nopember 2016

Ratmawati Ika, SP, Kebun Indah, Musuh Alami Datang Karena Ada Refugia,  POPT Muda (BBPPTP Surabaya)

This entry was posted in Ilmu Pengetahuan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *